RSS
email

Bagaimana Suasana Bengkel TKJ?





Bengkel TKJ (Teknik KOmputer dan Jaringan) adalah salah satu bengkel yang beruntung di SMK N 2 Depok. Setelah sebelumnya bengkel TMO (Teknik Mekanik Otomotif) yang sudah lebih dulu bekerja sama dengan perusahaan mobil Internasional ternama, TOYOTA, akhirnya bengkel TKJ pun dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan perakitan komputer nasional PT Zyrex Sindo.

Sebelum mengadakan kerjasama dengan perusahaan peakitan komputer nasional tersebut, kondisi bengkel TKJ dapat dikatakan mempihatinkan. Kami hanya memiliki tak lebih dari 20 komputer baik dengan spesifikasi minimal. Bisa dibayangkan ketika 32 siswa TKJ bekerja dengan 20 komputer yang dimodali RAM maksimal 128 MB. Bahkan untuk menulis laporan bengkel, kami harus bersedia antri atau dikerjakan di rumah saja.

Kini, bengkel TKJ sudah berubah. Setelah kerjasama tersebut, PT Zyrex Sindo menyumbangkan 40 Komputer baru dengan spesifikasi cukup tinggi. Selain itu, begkel kami juga membuka jasa pelatihan perakitan komputer bagi instansi atau sekolah lain yang berminat (lihat di sini). Selain itu, spesifikasi komputer yang cukup juga turut mengembangkan kompetensi kejuruan dengan mengenalkan dan mempraktikan konsep dan praktik jaringan dengan menggunakan virtual PC (komputer virtual). Alhasil kini siswa TKJ lebih memahami mengenai konfigurasi yang harus dilakukan pada server (DNS, DHCP, Proxy, Web, dsb) dalam berbagai sistem operasi (Windows dan linux). Selain itu, masuknya jaringan internet ke bengkel TKJ turut membantu siswanya memahami mengenai jaringan komputer.

Dokumentasi kondisi bengkel TKJ saat ini:


Baca Juga Artikel yang Terkait dengan




Bookmark and Share

1 komentar:

dizzie mengatakan...

wah keren pa, sebelumnya saya juga mengalami hal yang sama malahan lebih memprihatinkan pa. saya juga sempat terfikirkan untuk melakukan kerjasama seperti sekolah bapa, kira2 kalau boleh sharing prosedurenya seperti apa ya pa?
saya ingin memajukan sekolah yang saya pegang terlebih untuk jurusan TKJ nya

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya