RSS
email

SIstem Pembelajaran Bahasa Inggris yang Unik

Pelajaran bahasa Inggris sering diidentikan dengan rasa bosan. Keharusan menguasai pattern dan vocabullary sering menjadi kendala bagi siswa untuk memahami materi yang disampaikan. Kemudian sistem pengajaran yang klasik yakni dengan sistem guru menerangkan kemudian siswa mencatat dan mengerjakan soal sepertinya sudah semakin sepi peminat. Kini guru bahasa Inggris mulai putar otak untuk mengakali sistem pembelajaran ini. Akhirnya muncullah sistem pembelajaran baru bahasa Inggris yang cukup sukses diterapkan di sekolah-sekolah, apalagi kurikulum KTSP yang menuntut siswa aktif mempelajari bidang study sekolah.

SMK N 2 Depok memiliki beberapa pengajar bahasa Inggris yang menerapkan berbagai macam cara untuk mengajarkan bahasa asing ini. Ada yang menggunakan metode santai tapi serius, ada yang menggunakan sistem presentasi siswa dan ada juga yang menggunakan media elektronik seperti televisi dan tape recorder sebagai media pembelajaran bahasa Inggris.

Sistem pembelajaran ini diterapkan oleh salah satu guru bahasa Inggris yang mengampu sebagian jurusan kelas dua SMK N 2 Depok. Sistem pembelajaran ini bisa dibilang unik karena media yang dipergunakan adalah media elektronik seperti televisi, VCD player, tape recorder bahkan komputer.

Sistem pembelajaran menggunakan video dan televisi.

Pada sistem pembelajaran menggunakan video dan televisi ini, siswa diperlihatkan sebuah video yang memuat suatu adegan tertentu. Video yang dipergunakan bukan video sembarangan. Video yang dipergunakan adalah video yang memang khusus dibuat untuk pembelajaran bahasa Inggris dari Cambridge University. Ketika pemutaran video, siswa hanya diperlihatkan suatu adegan bisu alias adegan tanpa suara sama sekali. Kemudian sang guru meminta siswa menerka apa yang terjadi dalam video tersebut kemudian akan dibaca nyaring dengan menggunakan bahasa Inggris tentunya. Guru pun memberikan nilai lebih bagi siswa yang aktif.

Setelah mencoba menerka apa yang terjadi, video pun diputar ulang namun dengan sound yang diperdengarkan. Siswa memperhatikan dan mencocokkannya dengan pekerjaannya. Dengan sistem ini, siswa mempelajari 3 kemampuan dasar bahasa Inggris sekaligus. Yakni writing, reading dan listening.

Sistem pembelajaran menggunakan komputer.

Lain halnya dengan sistem pembelajaran menggunakan video dan televisi. Pada sistem pembelajaran menggunakan komputer, yang paling dititikberatkan adalah pada listening dan speaking. Dibantu dengan software khusus belajar bahasa Inggris (Tell Me More), siswa pun dilatih untuk mampu mengerjakan soal listening yang ada dalam software tersebut. Dengan adanya fasilitas satu komputer persiswa lengkap dengan headset + mic siswa menjadi lebih nyaman dalam mempelajari kompetensi yang ada. Mereka menjadi lebih fokus dengan materi yang disampaikan.

Dengan Tell me More, siswa pun diajarkan mengucapkan kata dalam bahasa Inggris (pronoun cation). Sofware akan memperdengarkan suatu kata kemudian siswa akan menirukannya melalui mic yang ada di headset. Secara otomatis, suara siswa akan direkam dan dicocokkan dengan data suara pada komputer. Jika kurang sesuai, komputer akan mengulangi kata tersebut hingga siswa menguasainya. Namun apabila siswa mampu mengucapkan kata/kalimat tersebut dengan baik dan benar, komputer akan menampilkan soal selanjutnya.

Dengan begini diharapkan ada variasi sistem pembelajaran bagi siswa. Sehingga siswa tidak merasa monoton atas sistem pembelajaran yang ada.

Itulah salah satu sistem pembelajaran bahasa Inggris yang diterapkan di sekolahku. Semoga bermanfaat.


Baca Juga Artikel yang Terkait dengan




Bookmark and Share

1 komentar:

Artikel Pendidikan mengatakan...

Thanks, masukanya sangat berguna.

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya