RSS
email

Perakitan PC Zyrex di SMK N 2 Depok





Zyrex merupakan perusahaan perakitan komputer di Indonesia telah mengadakan kerja sama degan SMK N 2 Depok jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Kerjasama ini terbentuk mulai akhir tahun ajaran 2008-2009 hingga sekarang. Bentuk kegiatannya adalah perusahaan komputer Indonesia tersebut menyetor komponen komputer siap rakit yang nantinya akan dirakit oleh siswa Tenik Komputer dan Jaringan. Bentuk kegiatan lain adalah pelatihan perakitan komputer kepada beberapa sekolah-sekolah yang berminat. Terakhir adalah pelatihan perakitan komputer yang diikuti oleh sekolah dari daerah Nganjuk, Jawa Timur.

Beberapa siswa kelas tiga didaulat sebagai trainer pelatihan perakitan komputer. Beberapa yang lain adalah kelas dua. Selain komputer ada juga perangkat laptop dari NEC dan Zyrex yang siap dibangun menjadi laptop kecil nan indah.

Perakitan komputer dilaksanakan menggunakan prosedur yang benar. Diantaranya adalah menggunakan gelang antistatis yang berfungsi menetralkan listrik statis di dalam tubuh agar tidak menjalar dan merusak peripheral komputer. Penggunaan obeng sesuai standar kerja yang berlaku. Hingga instalasi sistem operasi dan install driver pada komputer hasil rakitan.

Job yang paling sering dikerjakan adalah memenuhi pesanan pelanggan yang tak jarang membutuhkan komputer hingga lima puluh buah bahkan lebih. Maklum kebanyakan pelanggan adalah sekolah-sekolah yang mulai mendalami ilmu perkomputeran. Meski begitu para perakit komputer yang terdiri dari kelas tiga dan kelas dua mengerjakannya dengan senang.

Pelatihan komputer adalah job yang paling menantang dimana para trainer dituntut untuk mampu membimbing muridnya yang kebanyakan datang dari sekolah-sekolah lain. Murid-murid para trainer ini adalah siswa atau guru dari SMA (atau sederajat) yang datang dari berbagai sudut provinsi Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin belajar merakit komputer sendiri. Bahkan tak jarang ada pula yang datang dari luar Yogyakarta hanya untuk sekedar menimba ilmu di sini.

Kegiatan ersebut menyenangkan karena dapat menambah pengalaman. Namun sayangnya kegiatan tersebut harus dihentikan terlebih dahulu untuk beberapa saat. terhitung sejak akhir semester satu (bulan desember) kemarin, sekolah kami tidak lagi menerima job pelatihan atau perakitan karena takut mengganggu konsentrasi kelas tiga dalam menghadapi UAN. Maklum beberapa trainer adalah kelas tiga. Meski begitu kerjasama antara zyrex dan SMK N 2 Depok yang telah berlangsung setahunan ini tentunya akan terus belanjut dengan generasi trainer yang baru yang tentunya akan diemban oleh kelas tiga mendatang. Akhir kata SMK BISA!!!


__Tumpukan Job Neh_________ Sibuk ngajar______


__Pengawasnya sok Cool_______ haha liat apa sih???



Baca Juga Artikel yang Terkait dengan




Bookmark and Share

1 komentar:

Sidiq Nur Widayan mengatakan...

Ayo komentar...

Posting Komentar

Terima Kasih Komentarnya